Kamis 12 Jan 2023 02:11 WIB

Komet Langka Melintas Dekat Bumi, Kapan Waktunya?

Untuk wilayah berpolusi cahaya sedang, sulit melihat komet ini dengan mata telanjang.

Komet langka akan melintas mendekati Bumi dalam waktu dekat (ilustrasi)
Foto: Antara
Komet langka akan melintas mendekati Bumi dalam waktu dekat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan komet langka C/2022 E3 (ZTF) diperkirakan melintas dekat Bumi pada 2 Februari 2023 pukul 00.32 WIB pada jarak 42.472.000 km dari Bumi.

"Saat melintas dekat Bumi, komet ini sudah dapat disaksikan di seluruh Indonesia sejak 1 Februari pukul 18.30 hingga 2 Februari pukul 02.30 waktu setempat dari arah utara dekat konstelasi Camelopardalis," kata Andi dalam keterangan tertulis, Rabu (11/1/2023).

Baca Juga

Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya, komet langka itu mencapai titik tertingginya pukul 21.53 WIB dengan ketinggian 11,9 derajat. Saat mencapai titik terdekat, komet C/2022 E3 (ZTF) terlihat di arah utara dengan ketinggian 7,4 derajat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bagi wilayah Indonesia Timur, komet akan terbenam saat mencapai titik terdekat dengan bumi. Kecerlangan komet saat melintas dekat bumi mencapai +4,94 sehingga komet dapat diamati menggunakan mata telanjang untuk wilayah berpolusi cahaya sangat rendah di daerah pedalaman hingga ringan di daerah pedesaan.

Sementara, untuk wilayah berpolusi cahaya sedang di daerah pinggir kota/suburban hingga tinggi di daerah perkotaan/urban cukup sulit mengamati komet dengan mata telanjang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement