Senin 09 Jan 2023 16:36 WIB

Masjid dengan Kubah Timah Terbesar di Dunia akan Dibangun di Pangkalpinang

Masjid Agung Kubah Timah akan dibangun dekat gereja tertua di Pangkalpinang.

Pemkot Pangkalpinang berencana membangun masjid dengan kubah timah terbesar di dunia. (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Pemkot Pangkalpinang berencana membangun masjid dengan kubah timah terbesar di dunia. (ilustrasi)

REPUBLIK.CO.ID, PANGKALPINANG -- Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan membangun Masjid Agung Kubah Timah terbesar di dunia. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk yang menandakan Babel sebagai provinsi penghasil bijih timah nomor dua dunia.

"Masjid berkubah timah terbesar di dunia ini akan dibangun berdekatan dengan gereja tertua di Kota Pangkalpinang," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Pangkalpinang, Senin (9/1/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, dengan hadirnya Masjid Agung Kubah Timah merupakan satu-satunya di dunia yang menandakan bahwa ikon Provinsi Kepulauan Babel ini adalah timah. "Sebesar 80 persen perekonomian masyarakat Babel ini ditopang dari timah," kata dia.

Menurut dia, Masjid Agung Kubah Timah akan dibangun berdekatan dengan Gereja GPIB Maranatha, yang merupakan gereja tertua di Kota Pangkalpinang yang menandakan bahwa kerukunan umat beragama di "Kota Beribu Senyuman" ini terjaga dengan baik. "Kami orang Bangka Belitung terkenal dengan Melayu dengan Tionghoa sama. Nenek dan kakak ipar saya Tionghoa, jadi kami di sini sama saja," ujarnya.

Maulan menyebut, Presiden Joko Widodo mengatakan ada empat yang bakal kebangkitan ekonomi nasional yakni nikel, batu bara, CPO, dan timah. "Timah ini yang punya Babel, jadi dengan penduduk yang sedikit dan pulau yang kecil, maka nantinya Babel ini akan menjadi daerah yang hebat nantinya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement