Kamis 05 Jan 2023 05:11 WIB

Jihad Menghadapi Orang Musyrik

Perlu adanya strategi dalam jihad menghadapi kaum musyrik.

Jihad Menghadapi Orang Musyrik
Foto:

Syirik merupakan objek jihad

Syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah dengan benda, berhala baik yang diyakini ataupun dianggap dapat menguasai dan mengatur alam semesta dan isinya selain Allah. Allah menyatakan dalam QS An-Nisa ayat 48 dan 16 bahwa syirik adalah dosa besar dan Allah tidak akan mengampuni dosa syirik. Allah juga menyatakan bahwa syrik merupakan bentuk kedzaliman besar sebagaimana dalam QS. Luqman ayat 13.

Maksud dari kedzaliman tersebut yaitu meletakan sesuatu tidak pada tempatnya atau melakukan sesuatu yang tidak semestinya. Dalam konteks syirik, dzalim berarti menempatkan keesaan Allah tidak pada tempatnya.

Hal itu berarti Allah disamakan dengan makhluknya dan tidak dituhankan sesuai kehendak-Nya. Karena itulah Allah murka terhadap pelaku syirik. Sebagai usaha menghindari syirik, maka kita perlu mengetahui macam macam syirik antara lain:  Pertama, syirik uluhiyah yaitu menyektukan dengan meyakini adanya tuhan selain Allah, disembah dan dipertuhankan dengan upacara upacara tertentu dengan tujuan untuk menyelamatkan dari gangguan penyakit dan bencana alam.

Kedua, syirik rububiyah, yaitu menyekutukan Allah SWT dalam arti meyakini adanya Tuhan lain selain Dia, sebagai pemelihara dan pengatur alam semesta. Contoh dari syirik rububiyah yaitu menanam kepala kerbau untuk sebuah proyek gedung besar dan mempercayai azimat (jimat) untuk menolak bahaya.

Ketiga, syirik kecil, bentuk syirik kecil yaitu hawa nafsu yang senantiasa mengajak keburukan. Riya disebut bisa tergolong sebagai syirik kecil. Riya ialah menyekutukan allah dengan berbuat kebaikan akan tetapi ingin dilihat orang lain dan ingin dipuji. Allah menyatakan bahwa infak harta itu batal/tidak diterima karena riya sebagaimana yang terdapat dalam Q.s Al-baqarah ayat 264.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/12/22/jihad-menghadapi-orang-musyrik/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement