Senin 02 Jan 2023 13:29 WIB

Proses Evakuasi Korban Banjir di Kota Semarang Masih Berlanjut

BPBD Kota Semarang juga masih menyalurkan logistik untuk warga.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Personel TNI AL mengevakuasi warga yang rumahnya kebanjiran di Kota Semarang.
Foto: Dispenal
Personel TNI AL mengevakuasi warga yang rumahnya kebanjiran di Kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Proses evakuasi terhadap warga terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah, masih berlanjut di sejumlah titik hingga Senin (1/2/2023) pagi hingga siang ini.

Selain proses evakuasi, para relawan BPBD Kota Semarang juga masih menyalurkan logistik untuk warga yang belum dapat beraktivitas akibat genangan banjir yang masih tinggi.

Kepala Seksi Kedaruratan Bencana BPBD Kota Semarang Adhi Yulianto yang memimpin proses evakuasi di lapangan mengatakan, proses evakuasi dilakukan kepada warga yang sedang sakit.

Senin pagi ini, tim relawan BPBD Kota Semarang kembali melanjutkan proses evakuasi terhadap warga terdampak banjir, di sekitar Jalan Kaligawe Raya dan di kawasan Perumahan Genuk Indah.

“Hari ini masih ada beberapa warga yang harus dievakuasi dan tersebar di sejumlah titik,” ungkap Adhi Yulianto yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Di Jalan Kaligawe Raya, jelasnya, tim rescue mengevakuasi lima orang mahasiswi dari rumah kos ‘Ngupoyo’, Jalan Kaligawe Raya Nomor 13.

Proses evakuasi dilakukan Karen beberapa penghuni kos tersebut dalam kondisi sakit. Proses evakuasi juga dilkukan di lingkungan Perumahan Genuk Indah Jalan Padi Tengah XVII blok E Nomor 592.

“Ada dua orang yang sedang dalam kondisi sakit dan membutuhkan evakuasi, masing- masing atas nama Adinda Melly dan Amelia Zannah,” jelas Adhi.

Proses evakuasi, uga dilakukan terhadap Gilang, salah seorang warga yang masih terjebak di rumah kos Genuk Indah.

Sementara dukungan logistik disalurkan kepada warga yang hingga saat ini masih terjebak genangan banjir yang masih cukup tinggi, di beberapa tempat. Masing-masing di rumah kos putri Monasa, Jalan Widuri II, RT.4/RW.5, Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk.

Ada 20 orang penghuni  rumah kos putri ini yang memerlukan dukungan logistik karena sejak banjir, Mereka belum dapat beraktivitas akibat genangan banjir yang masih cukup tinggi.

“Proses evakuasi juga dilakukan terhadap salah satu penghuni rumah kos di Jalan Kaligawe Raya yang membutuhkan dukungan logistik berupa bahan makanan," kata Adhi.

Sejumlah permukiman di wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah masih terndam banjir, akibat cuaca buruk yang terjadi dalam tiga hari terakhir. Kecamatan Genuk menjadi salah satu kawasan dengan genangan banjir mencapai ketinggian hingga lebih dari 1 meter di beberapa tempat.

Sehingga hingga Senin ini aktivitas warga masih terhambat oleh genangan banjir yang terjadi di kawasan ini. Kawasan genangan tersebut antara lain meliputi lingkungan Trimulyo, Jalan Kaligawe Raya dan juga kawasan Perumahan Genuk Indah.

Selain wilayah Kecamatan Genuk, genangan banjir juga masih terpantau hingga Senin pagi di sebagian wilayah Kecamatan Gayamsari serta kawasan Puri Anjasmoro, di wilayah Kecamatan Semarang Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement