Rabu 23 Nov 2022 13:02 WIB

Program Taman Kehati dan Mangoes Center  Kilang Balongan Raih ISDA Award 2022

Penghargaan itu untuk Kategori Gold dari Corporate Forum CSR Development.

Penghargaan diserahkan R Bambang Priatmono  selaku Komite Penilai dari Corporate Forum CSR Development (CFCD) kepada Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Imam Rismanto, di Jakarta, Selasa (22/11).
Foto: Istimewa
Penghargaan diserahkan R Bambang Priatmono selaku Komite Penilai dari Corporate Forum CSR Development (CFCD) kepada Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Imam Rismanto, di Jakarta, Selasa (22/11).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sukses melakukan pengembangan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) dan Mangoes Centre, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan raih penghargaan International Sustainable Development Goals Award 2022. Penghargaan itu untuk Kategori Gold dari Corporate Forum CSR Development (CFCD) yang didukung Kementerian  Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Penghargaan diserahkan R Bambang Priatmono  selaku Komite Penilai dari Corporate Forum CSR Development (CFCD) kepada Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Imam Rismanto, di Jakarta, Selasa (22/11).

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin yang turut hadir secara virtual pada Anugerah ISDA 2022 menyampaikan apresiasi atas inisiatif dan kerja keras korporasi dalam program CSR untuk SDGs (Sustainable Development Goals ). 

“Program CSR korporasi diharapkan bisa menyasar masyarakat miskin, meningkatkan pendidikan, kelestarian lingkungan hidup, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta pemberdayaan UMKM, terutama sektor pertanian dan perikanan yang peluangnya masih besar,” jelas Wapres.

Imam Rismanto mengungkapkan, penghargaan ISDA Awards 2022 ini merupakan wujud apresiasi terhadap upaya melestarikan dan melindungi ekosistem darat  sesuai program Sustainable Development Goals no 15  melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang konsisten dijalankan PT KPI RU VI Balongan.

“Penghargaan yang kami terima ini sangat memberikan motivasi bagi Pertamina untuk terus memperhatikan sosial dan lingkungan sekitar”, ungkap Imam dalam keterangannya yang diterima Republika, Rabu (23/11/2022).

Dijelaskan Imam, Taman Kehati merupakan  program pelestarian 33 varietas tanaman langka yang penanamannya dilakukan di area perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu. Kemudian, sambung Imam, Mangoes Center adalah program budidaya buah mangga yang diawali dengan pembudidayaan mangga Agrimania yang merupakan varietas baru asli Indramayu, yang kini sudah memberikan hasil nyata dan turut membantu perekonomian kelompok tani binaan.

“Mangga Agrimania yang dikembangkan di Perumahan Bumi Patra Alhamdulillah hasilnya meningkat, dan kini bisa mencapai 4 ton pada panen tahun ini, serta turut membantu perekonomian kelompok tani yang kami bina”, ungkap Imam.

Imam menambahkan, saat ini, program Mangoes Center RU VI juga dilanjutkan dengan pengembangan Arboretum Mangga yang terdiri dari 17 Varietas Mangga, dan melakukan replikasi  kebun mangga Agrimania sebanyak 250 pohon di Desa Rawadalem, Kecamatan Balongan.

ISDA 2022 diberikan kepada perusahaan atau institusi atas kontribusinya dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals‐SDGs) yang berperan penting dalam program CSR Perusahaan, baik internal maupun eksternal.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement