Ahad 20 Nov 2022 06:05 WIB

Bekas Gereja di New York akan Diubah Jadi Masjid dan Sekolah Islam 

Kompleks gereja di New York akan dialhfungsikan menjadi pusat kegiatan Islam

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Amerika.
Foto: EPA
Bendera Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK–Komunitas Muslim telah membayar Rp 3,9 miliar untuk membeli kompleks gereja Katolik penting di Buffalo, New York, Amerika Serikat untuk mengubahnya menjadi pusat aktivitas Muslim berupa masjid hingga sekolah Islam. 

Pembelian itu meliputi bekas kompleks Gereja Katolik St Ann di Broadway dan Emslie Street mencakup gereja yang dibangun pada  1886, serta sekolah dan bekas biara.

Baca Juga

Dilansir dari Buffalo News, Kamis (17/11/2022), Gereja telah ditutup sejak 2012, ketika pejabat keuskupan melarang penggunaannya bagi umat, dengan alasan kerusakan struktural yang menimbulkan ancaman keselamatan.

Pembelinya adalah Buffalo Crescent Holdings, sebuah perusahaan nirlaba yang didirikan pada bulan April, menurut catatan negara. Korporasi tersebut berafiliasi dengan Downtown Islamic Center, sebuah kelompok Muslim yang mencari tempat ibadah dan berkumpul di Buffalo sejak awal 2021.

Sebuah bekas pastoran di kompleks yang diubah menjadi apartemen pada 1993 juga dijual ke Buffalo Crescent Holdings dalam transaksi terpisah, menurut pernyataan keuskupan. 

Grup ini siap menghabiskan jutaan dolar untuk menghidupkan kembali gedung-gedung di sudut Broadway dan Emslie Street, di East Side, tepat di pinggiran pusat kota.

"Kami berencana memasukkan beberapa juta dolar untuk ini tahun depan, di gereja saja," kata Talha Bakth, Presiden Downtown Islamic Center.

"Butuh satu atau dua tahun sebelum ruang itu bisa digunakan untuk beribadah,"tambahnya.

Downtown Islamic Center berencana untuk membangun sebuah sekolah Islam dan perguruan tinggi untuk sebanyak 3.000 siswa, pusat perbelanjaan dan rumah duka Muslim, menurut situs web organisasi tersebut.

Tetapi Bakth mengatakan pada Kamis lalu bahwa rencana itu belum dipastikan dan organisasi juga memiliki proyek lain dalam pikiran.

Menara di gereja memiliki masalah struktural yang perlu ditangani, tetapi properti lainnya dalam kondisi layak, menurut Gary DeCarlo dari CRE Global, yang menjadi perantara kesepakatan atas nama pembeli.

"Properti lainnya adalah kondisi kosong yang rusak. Tidak ada bangunan yang dalam kondisi buruk. Faktanya, mereka semua dalam kondisi yang sangat bagus, jadi hanya banyak kosmetik, banyak perawatan tertunda yang harus dilakukan," kata DeCarlo.

Pembelian ini merupakan indikasi lain dari pertumbuhan populasi Muslim yang stabil di New York Barat, sebagian besar karena masuknya imigran, terutama dari Bangladesh, negara mayoritas Muslim, dan pengungsi dari wilayah yang dilanda perang di dunia.

St Ann akan menjadi gereja Katolik ketiga di Buffalo yang akan diubah menjadi masjid untuk ibadah umat Islam. 

Darul Uloom Al Madania pada tahun 1994 membeli bekas Bunda Suci Rosario Katedral Katolik Nasional Polandia di jalan Sycamore dan Sobieski. 

Dan pada 2009, bekas Gereja Ratu Damai di Jalan Genesee dibeli dan diubah menjadi Masjid Jami.

Downtown Islamic Center telah memiliki properti di 701 Broadway, dekat kompleks St Ann, sejak 2018, menurut catatan kota. Situs itu juga merupakan bekas gereja dan saat ini menjadi tuan rumah layanan doa Muslim.

Penjualan St Ann juga mengakhiri kemungkinan gereja tetap menjadi ruang ibadah Katolik, seperti yang telah didesak oleh sekelompok mantan umat paroki dan beberapa pelestari lokal selama bertahun-tahun.

Dibangun imigran Jerman, St Ann adalah salah satu gereja Katolik tertua di New York Barat. Ini menampilkan interior yang memukau secara arsitektural dari plester dan kayu yang dicat rumit, jendela kaca patri yang indah, dan perincian lain pada masa itu. Tersedia di dalamnya tempat kudus duduk hingga 1.200 orang.

“Ini adalah salah satu tempat terindah di Buffalo. Kami berjuang dengan baik sampai akhir dan tidak ada tempat lain untuk dituju. Kami pergi ke Mahkamah Agung Vatikan," kata Lucy Ederer, mantan umat paroki dan anggota kelompok yang dikenal sebagai Gereja dan Kuil Save St Ann. Alkhaledi Kurnialam

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement