Ahad 16 Oct 2022 12:37 WIB

Anda Terlilit Masalah Berat? Baca Doa Nabi Yunus Ini Secara Rutin 

Doa Nabi Yunus alaihissalam bisa dibaca ketika dihadapkan dengan masalah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Doa Nabi Yunus alaihissalam bisa dibaca ketika dihadapkan dengan masalah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi). Doa Nabi Yunus alaihissalam bisa dibaca ketika dihadapkan dengan masalah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Seberat dan sebesar apapun masalah yang dihadapi pasti akan menjadi ringan bila diri bersandar kepada Allah SWT. Bahwa setiap masalah, ujian, cobaan yang menimpa orang yang beriman adalah semata-mata untuk meningkatkan derajat manusia itu sehingga mulia disisi Allah SWT.  

Dan seorang Muslim harus yakin bahwa Allah SWT adalah Dzat Yang Mahapenolong. Allah SWT menyiapkan jalan keluar dari setiap persoalan bagi hambaNya yang tak pernah berputus asa dan terus berikhtiar serta bertawakal pada Allah SWT.  

Baca Juga

Ada sebuah doa yang dapat dibaca seorang Muslim ketika menghadapi sebuah masalah. Dengan membaca doa ini, Insya Allah setiap persoalan tersebut akan dibukakan jalan keluarnya oleh Allah SWT. 

Doa ini adalah doanya nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus. Setelah nabi Yunus berdoa, Allah SWT menyelamatkannya dari perut ikan paus. 

 

Doa ini dapat ditemukan pada hadits di kitab Sunan Tirmidzi versi Al Alamiyah nomor 3427 dan versi Maktabatu al Ma'arif Riyadh nomor 3505. 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعْوَةُ ذِي النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِي بَطْنِ الْحُوتِ

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami Yunus bin Abu Ishaq dari Ibrahim bin Muhammad bin Sa'd dari ayahnya dari Sa'd ia berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, "Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah:

 لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنْ الظَّالِمِينَ 

Laa Ilaha Illa Amta Subhaanaka Inni kuntu minadzolimin 

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya.”

Dalam  lanjutan hadits tersebut disebutkan bahwa orang yang membaca doa itu dan memiliki masalah, maka Allah SWT akan mengabulkannya, maksudnya akan diberikan jalan keluar dari setiap masalahnya.  

فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

“Sesungguhnya tidaklah seorang Muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.”   

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement