Jumat 14 Oct 2022 03:55 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Berlayar

Segala pertolongan dan ampunan datang karena kehendak Allah semata.

Naskah Khutbah Jumat: Berlayar
Foto:

Hanya apabila telah berlalu keadaan kritis, selamat dari kepungan marahabaya, ia kembali melakukan kezaliman. Membusungkan dada, karena fikirnya semata-mata kemampuan dirinyalah yang telah menyelamatkan ia dari bencana. Lupa bahwa sebelumnya ia baru saja tersungkur mengharap pertolongan, dengan bulat menyerah kepada Allah SWT karena telah lucut segala kemampuan dan kekuatan yang lama ia banggakan.

Merasa aman telah keluar dari lautan, tak akan terkena lagi bencana serupa di daratan. Padahal apabila hendak kembali ke kampung halaman, bukankah lautan luas itu juga yang akan ia lewati.

Bersenang-senang dan berpaling melupakan jasa Allah yang telah menyelamatkannya. Apakah ia mengira tanah yang ia pijak tidak dapat meletus, terbelah menelan segala yang dipermukaan, longsor, dan juga banjir, bagaimana pula dengan petir?

Jika hanya karena berada di darat membuat ia merasa aman dari badai serta hantaman ombak di tengah laut, bukankah dulu Allah pernah menurunkan azab berupa banjir besar yang bahkan lebih tinggi dari gunung?

Jika berada dalam rumah yang kuat sekokoh gunung membuat ia merasa congkak dari ancaman apapun yang dia dan nenek moyangnya pernah alami, bukankah Allah dulu pernah menurunkan azab berupa petir diiringi suara yang amat keras hingga mereka mati bergelimpangan di rumahnya seolah-olah mereka belum pernah tinggal di rumah itu ?

Jika hanya karena memliki pasukan besar membuat ia merasa aman dari kekalahan, bukankah Allah dulu juga pernah mengutus burung Ababil, sehingga membuat pasukan bergajah Abrahah mengalami bencana yang amat mengerikan?

Rasulullah pernah bersabada, bahwa syurga dan neraka itu amat dekat sekali. Lebih dekat dari tali sandal yang kita pakai.

حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ مَسْعُودٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورٍ وَالْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجَنَّةُ أَقْرَبُ إِلَى أَحَدِكُمْ مِنْ شِرَاكِ نَعْلِهِ وَالنَّارُ مِثْلُ ذَلِكَ صحيح البخاري : 6488

… dari Abu Wail dari Abdullah radhiallahu’anhu menuturkan, Nabi ﷺ bersabda, “Surga lebih dekat kepada salah seorang dari kalian daripada tali sandalnya, neraka juga seperti itu.”

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/09/23/berlayar/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement