Senin 19 Sep 2022 18:00 WIB

Tafsir Surat Al Ankabut Ayat 49: Ayat-Ayat Alquran Jelas di Dada Orang Berilmu

Allah SWT mengatakan sebenarnya ayat-ayat Alquran jelas dan tidak ada keraguan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Membaca Alquran. Tafsir Surat Al Ankabut Ayat 49: Ayat-Ayat Alquran Jelas di Dada Orang Berilmu
Foto:

Allah menegaskan lagi bahwa Alquran itu terpelihara dalam dada kaum Muslimin. Mereka menghafalnya secara turun temurun sehingga tidak seorangpun dapat mengubahnya.

Selanjutnya ayat ini menerangkan bahwa tidak ada seorang pun yang mengingkari ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang zalim. Ayat ini merupakan isyarat bagi Ahli Kitab bahwa mereka telah mengetahui dari kitab suci mereka tentang kenabian Nabi Muhammad dan penurunan Alquran kepadanya. Namun demikian, banyak di antara mereka yang mengingkari kebenaran itu setelah mengetahuinya.

Allah berfirman, "Ternyata setelah sampai kepada mereka apa yang telah mereka ketahui itu, mereka mengingkarinya. Maka laknat Allah bagi orang-orang yang ingkar." (QS Al-Baqarah: 89)

Selain bermakna isyarat bagi Ahli Kitab, ayat ini juga merupakan cercaan Allah yang ditujukan kepada orang-orang musyrik Makah yang mengingkari ayat-ayat-Nya. Mereka tidak percaya kepada Alquran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW yang sudah menjadi kebenaran yang nyata.

Mereka ini disebut oleh Allah sebagai orang yang zalim. Sifat zalim ini adalah sifat yang paling tepat bagi mereka karena menyembunyikan kebenaran yang sebetulnya telah mereka ketahui.

Allah berfirman, "Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang menyembunyikan kesaksian dari Allah yang ada padanya?" (QS Al-Baqarah: 140)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement