Senin 19 Sep 2022 15:02 WIB

Astronom Jepang Temukan Cara Memprediksi Kapan Supernova akan Terjadi

Bintang Betelgeuse memicu diskusi tentang kemungkinan terjadinya supernova.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Supernova (ledakan bintang terbesar) kemungkinan meningkatkan sinar kosmik yang masuk ke Bumi sebanyak 15 persen. Astronom Jepang Temukan Cara Memprediksi Kapan Supernova akan Terjadi
Foto: abc
Supernova (ledakan bintang terbesar) kemungkinan meningkatkan sinar kosmik yang masuk ke Bumi sebanyak 15 persen. Astronom Jepang Temukan Cara Memprediksi Kapan Supernova akan Terjadi

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Dalam sebuah studi baru-baru ini yang diajukan ke Fenomena Astrofisika Energi Tinggi, tim peneliti dari Jepang mendiskusikan strategi mengamati, dan mungkin memprediksi tanda-tanda prekursor untuk ledakan dari Supernova Tipe II dan Galaksi Lokal (SNe).

Studi ini berpotensi membantu kita lebih memahami bagaimana dan kapan supernova dapat terjadi di seluruh alam semesta, dengan supernova menjadi bentuk jamak dari supernova (SN). Tetapi seberapa pentingkah mendeteksi supernova sebelum benar-benar terjadi?

Baca Juga

“Dari sudut pandang saya, ini penting dalam dua aspek,” kata astrofisikawan di Pusat Penelitian Alam Semesta Awal di Universitas Tokyo dan penulis utama studi tersebut Daichi Tsuna, dilansir dari Science Alert, Ahad (18/9/2022).

“Pertama, sementara kita tahu bahwa supernova (SNe) adalah ledakan yang menandakan kematian bintang masif, apa yang terjadi menjelang akhir hidupnya masih menjadi misteri. Faktanya, prekursor SN, yang disarankan oleh karya pengamatan baru-baru ini, tidak diprediksi dari teori standar evolusi bintang.”

“Makalah kami mengklaim bahwa kami dapat menyelidiki prekursor ini secara mendalam dengan pengamatan di masa depan, yang dapat membantu memperdalam pemahaman kami tentang evolusi bintang dan menyempurnakan teori yang ada. Kedua, menemukan prekursor SN akan memungkinkan peringatan awal SN dalam waktu dekat, dan akan membantu memperpanjang kerangka waktu yang tersedia untuk mengoordinasikan pengamatan multi-messenger (cahaya, neutrino, dan gelombang gravitasi).”

Untuk penelitian ini, para peneliti menggunakan kode sumber terbuka Sejarah Lengkap Supernova Bertenaga Interaksi) untuk membuat model teoretis untuk pelepasan seperti itu dari letusan massal bintang super raksasa merah. Ini menarik karena bintang Betelgeuse, yang pada 2019 diamati redup kecerahannya, memicu diskusi tentang kemungkinan terjadinya supernova, juga merupakan bintang super raksasa merah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement