Janji Allah Untuk Orang yang Membuktikan Keimanannya

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Sabtu 17 Sep 2022 22:29 WIB

Takwa (ilustrasi). Foto: alifmusic.net Takwa (ilustrasi).

Membuktikan keimanan yaitu dengan mengerjakan amal baik yang dikerjakan orang sholeh.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Allah SWT memastikan bahwa orang yang membuktikan keimanannya kepada Allah SWT dan Rasul-Nya akan dimasukan dalam golongan orang sholeh yang mendapat kebahagiaan di surga. Membuktikan keimanan yaitu dengan mengerjakan amal baik yang dikerjakan orang-orang sholeh atau melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya-Nya. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surah Al-Ankabut Ayat 9.

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَنُدْخِلَنَّهُمْ فِى الصّٰلِحِيْنَ

Baca Juga

Orang-orang yang beriman dan beramal sholeh pasti akan Kami masukkan mereka dalam (golongan) orang-orang sholeh. (QS Al-Ankabut: 9)

Ayat ini mengandung arti, orang-orang yang beriman dan membuktikan keimanannya itu dengan mengerjakan kebajikan, mereka pasti akan Kami masukkan ke dalam golongan orang yang sholeh yang akan mendapatkan kenikmatan di surga.

Tafsir Kementerian Agama menerangkan dalam ayat ini ditegaskan kembali kedudukan orang-orang yang beriman dan berbuat baik serta orang yang senantiasa mensucikan jiwanya. Mereka akan dimasukkan dalam kelompok orang-orang sholeh, dan ditempatkan dalam surga Jannatun Na'im.

Allah memasukkan mereka ke dalam golongan orang-orang sholeh sebagai ganjaran yang dianugerahkan kepada siapa saja yang memilih untuk mematuhi perintah Allah dan Rasul-Nya daripada perintah orang tua yang bersifat syirik atau durhaka kepada Allah.

Keengganan anak mengikuti perintah orang tuanya pasti mengakibatkan kekeruhan hubungan antara kedua pihak. Untuk itu, Allah menjanjikan kepada sang anak bahwa ia akan diberi ganti yang lebih baik, yaitu akan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang sholeh.

Maksudnya adalah kelompok orang-orang yang sangat berbakti kepada Allah dan yang bergabung dengan kelompok para Nabi dan lain-lain. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah dalam Surah An-Nisa' Ayat 69.

"Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul (Nabi Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para Nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholeh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS An-Nisa': 69)

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id