Rabu 14 Sep 2022 16:03 WIB

Sosok Ning Imaz, Ahli Fiqih dan Penghafal Alquran yang Dihina Eko Kuntadhi

Ning Imaz adalah cucu Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Al-Jampasy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat media sosial Eko Kuntadhi dijadwalkan akan berkunjung ke pondok pesantren Lirboyo, usai kicauannya yang dianggap telah menghina Ustadzah Imaz Fatimatuz Zahra atau akrab disapa Ning Imaz.

Eko akan meminta maaf usai mengomentari video Ning Imaz yang sedang menjelaskan tentang tafsir surat Ali Imran ayat 14. Eko membuat komentar dengan kata-kata kasar.

Baca Juga

Ning Imaz dalam statusnya di Twitter meminta Eko Kuntadhi meminta maaf ke umat. "Minta maafnya jangan ke saya, ke imam ibnu katsir, ke umat se-Indonesia yang sakit hati agamanya dihina-hina," tulis Imaz di akun Twitter-nya @imazzFat seperti dilihat Republika.co.di, Rabu (14/9/2022).

Lantas siapa sebenarnya Ning Imaz?  seperti dilansir dari Twitter NU_Online dan laman resmi NU, Ning Imaz diketahui merupakan ulama perempuan yang menjadi pengasuh PP Putri Al-Ihsan Lirboyo. Ia menggunakan media sosial untuk berdakwah. "Di Youtube kami, ia merupaka pengisi tetap," kicau laman NU_Online.

Ning Imaz merupakan Putri KH Khaliq Ridwan dan Hj Eeng Sukaenah, pengasuh pendok pesantren Putri Al Ihsan Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.   Ning merupakan putri seorang hafidzhoh dan ahli fikih. Sanad keilmuannya tampak jelas dalam nasabnya.

Sumber,  https://www.nu.or.id/daerah/profil-ning-imaz-fatimatuz-zahra-lirboyo-nCSZR

Seperti dilansir laman NU, dari garis keturunan Ning Imaz adalah cucu Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Al-Jampasy, pengarang Kitab ath-Thalibin. Ilmu dari sang ayah dan kakek mengantarkan Ning Imaz sebagai seorang penghafal Alquran dan ahli Fiqih.

Kecintaan Ning terhadap Fiqih sudah tampak sejak di Tsanawiyah atau sederajat dengan SMP. Ia aktif dalam beragam diskusi ahli keilmuan Islam.

Secara terpisah, Pimpinan Pondok Pesantren Lirboyo, Gus Rifqil Muslim mengajak pegiat medsos, Eko Kuntadhi untuk melakukan pertemuan pada Kamis (15/9/2022) besok. Pasalnya, Eko Suntadhi diduga telah melakukan penghinaan terhadap istri Gus Rifqil, Ning Imaz Fatimatuz Zahra dalam cuitannya di Twitter. “Saya minta ketemu saya besok sore,” ujar Gus Rifkil saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (14/9/2022).

Gus Rifkil belum mengetahui motif Eko Suntadhi mengunggah video ceramah Ning Imaz yang viral tersebut. Dia akan meminta penjelasan kepada Eko Suntadhi saat melakukan pertemuan besok.

“Besok biar dijelaskan pas ketemu,” ucap Alumnus Pascasarjana UIN Walisongo Semarang ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement