Rabu 07 Sep 2022 18:19 WIB

Isyarat Alquran Tegaskan Planet, Bintang, dan Galaksi Bergerak Teratur

Alquran mengisyaratkan sistem yang berlaku pada sistem galaksi

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Planet. Ilustrasi. Alquran mengisyaratkan sistem yang berlaku pada sistem galaksi.
Foto:

Puncaknya, Klaudius Ptolemaeus (Claudius Ptolemy) pada pertengahan abad kedua Masehi menulis risalah ilmu falak, Mathematike Syntaxis. Buku itu terkenal di Eropa dan Asia barat dengan judul Almagest. 

Di dalamnya, ilmuwan asal Iskandariah (Mesir) itu mengembangkan teori orbit benda-benda langit dengan bumi sebagai sentranya. 

Karena itu, gagasan bumi sebagai pusat semesta sering kali dinamakan Model Ptolemy.

Selama 1.400 tahun, geosentrisme diyakini sebagai kebenaran yang tidak terbantahkan dalam disiplin astronomi. Sekurang-kurangnya, ada dua persepsi yang mendukung argumentasi Ptolemy.

Pertama, matahari tampak mengelilingi bumi satu kali per hari. Begitu pula dengan bulan dan planet-planet lainnya yang dapat diamati dari bumi walau masing-masing mereka memiliki garis edar tersendiri. Kedua, bumi dirasakan stabil, tidak bergerak, dan tidak berputar.

Menurut teori Ptolemy, bumi berada statis di pusat semesta. Kemudian, bulan mengelilinginya di orbit yang paling dekat dengan bumi.

Di orbit yang paling jauh, bintang-bintang dalam bulatan angkasa yang besar (celestial sphere) berputar mengitari bumi.

Baca juga: Mualaf Maryum, Masuk Islam Setelah Empat Kali Baca Alquran

Adapun planet-planet namanya berasal dari planetai, 'pengembara'beredar di antara orbit bulan dan celestial sphere. Begitu pula dengan peredaran matahari yang terletak di antara keduanya.

 

Semua benda langit itu, dalam pemahaman Ptolemy, berkisar mengelilingi bumi di orbit masing-masing. Garis edar Venus dan Merkurius berada di antara orbit bulan dan matahari. Adapun perputaran Mars, Jupiter, dan Saturnus terletak di antara orbit matahari dan celestial sphere.       

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement