Tafsir Surat Al Qasas Ayat 4: Firaun Sewenang-wenang dan Membuat Rakyat Terpecah-belah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 07 Sep 2022 23:05 WIB

Firaun. Tafsir Surat Al Qasas Ayat 4: Firaun Sewenang-wenang dan Membuat Rakyat Terpecah-belah Firaun. Tafsir Surat Al Qasas Ayat 4: Firaun Sewenang-wenang dan Membuat Rakyat Terpecah-belah

Alquran menggambarkan cara berkuasa Firaun yang sangat merusak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menggambarkan cara berkuasa Firaun yang sangat merusak. Digambarkan bahwa Firaun sangat berkuasa sehingga berbuat sewenang-wenang dan membuat rakyatnya terpecah-belah.

Pemerintahan yang dijalankan Firaun bukan berdasar keadilan dan akhlak yang mulia, tetapi berdasarkan kemauan dan keinginan semata. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surat Al Qasas Ayat 4.

Baca Juga

اِنَّ فِرْعَوْنَ عَلَا فِى الْاَرْضِ وَجَعَلَ اَهْلَهَا شِيَعًا يَّسْتَضْعِفُ طَاۤىِٕفَةً مِّنْهُمْ يُذَبِّحُ اَبْنَاۤءَهُمْ وَيَسْتَحْيٖ نِسَاۤءَهُمْ ۗاِنَّهٗ كَانَ مِنَ الْمُفْسِدِيْنَ

Sesungguhnya Firaun telah berbuat sewenang-wenang di bumi dan menjadikan penduduknya berpecah-belah. Dia menindas segolongan dari mereka (Bani Israil). Dia menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak perempuannya. Sesungguhnya dia (Firaun) termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS Al-Qasas: 4)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini, Allah menerangkan kisah Fir‘aun yang berkuasa mutlak di negeri Mesir. Tidak ada satu kekuasaan pun yang lebih tinggi dari kekuasaannya. Apa saja yang disukai dan dikehendakinya harus terlaksana.

Semua rakyat tunduk dan patuh di bawah perintahnya sampai dia mengangkat dirinya menjadi tuhan. Dengan kekuasaan mutlak itu, ia dapat melakukan kezaliman dan penganiayaan dengan sewenang-wenang.

Pemerintahannya bukan berdasar keadilan dan akhlak yang mulia, tetapi berdasarkan kemauan dan keinginan semata. Politik yang dijalankannya adalah memecah belah kaumnya menjadi beberapa golongan. Kemudian ia menanamkan benih pertentangan dan permusuhan pada golongan-golongan itu agar dia tetap berkuasa terhadap mereka.

Gerakan apapun yang dirasakan menentang kekuasaannya harus dibasmi dan dikikis habis. Kalau ada berita atau isu yang mengatakan bahwa seseorang atau satu golongan berusaha untuk menumbangkan kekuasaannya atau mungkin menjadi sebab bagi kejatuhannya, pasti orang atau golongan itu dimusnahkannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini