Senin 05 Sep 2022 10:59 WIB

Dampak Topan Hinnamnor di China Semakin Meluas

Dampak topan Hinnamnor di China meluas dari perkiraan semula

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Dampak topan Hinnamnor di China meluas dari perkiraan semula. Ilustrasi.
Foto: Jason Lee/Reuters
Dampak topan Hinnamnor di China meluas dari perkiraan semula. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Dampak topan Hinnamnor di China meluas dari perkiraan semula yang hanya akan terjadi di pesisir timur, kini bergeser ke hingga wilayah utara dan timur laut. Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Beijing pada Ahad (4/9/2022) malam.

Beberapa pohon dilaporkan tumbang akibat tiupan angin kencang menyertai hujan deras sekitar pukul 20.00 waktu setempat (19.00 WIB). Orang-orang yang sedang berada di jalanan sibuk menyelamatkan diri saat terjadi angin kencang dan hujan secara tiba-tiba itu. Meskipun kekuatan menurun, angin kencang sebagai dampak Hinnamnor masih terjadi hingga Senin (5/9/2022) siang.

Baca Juga

Otoritas China sebelumnya memperkirakan Hinnamnor akan menerjang pesisir timur yang meliputi Provinsi Zhejiang, Provinsi Jiangsu, Kota Shanghai, dan Selat Taiwan. Namun embusan Hinnamnor bergerak menuju ke utara hingga Kota Beijing, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, Provinsi Heilongjiang, dan Provinsi Jilin.

Hinnamnor bergerak dari Laut China Timur dekat Kota Zhoushan, Provinsi Zhejiang, pada Sabtu (3/9/2022), bergerak menuju utara pada Ahad (4/9/2022) malam hingga Senin pagi. Demikian keterangan dari Markas Besar Pengendalian Banjir dan Kekeringan China.

Sebanyak 27 unit kapal penyeberangan di Kota Ningbo, Zhejiang berhenti beroperasi mulai Sabtu. Sekolah mulai dari TK hingga SMA di Ningbo, Wenzhou, Zhoushan, tutup pada Senin sebagai dampak topan ke-11 tahun ini di China itu.

Lebih dari 50 jadwal kapal pelayaran internasional membatalkan rencana keluar-masuk Pelabuhan Waigaoqiao, Shanghai. Otoritas kereta metro Shanghai juga telah menerbitkan surat pemberitahuan yang berisi tentang imbauan membatasi laju kecepatan, pembatalan operasi, penutupan stasiun, dan evakuasi sebagai dampak Hinnamnor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement