Ahad 04 Sep 2022 17:31 WIB

Desak Putri Candrawathi Segera Ditahan, Polisi Diminta tidak Diskriminatif

Kapolri diminta konsisten dan tidak diskriminatif dengan kedudukan Putri.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ilham Tirta
Kedua tersangka pembunuhan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo (kiri) bersama istrinya Putri Candrawathi (kanan) saat rekonstruksi.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Kedua tersangka pembunuhan Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo (kiri) bersama istrinya Putri Candrawathi (kanan) saat rekonstruksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Tim Khusus (Timsus) Polri segera menahan tersangka Putri Candrawathi (PC), terkait kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Jika Putri tidak tahan, timsus atau polisi dinilai bersikap diskriminatif dalam menangani sebuah kasus.

"Karena dalam perkara lain banyak wanita di dalam kelompok masyarakat bawah ditahan oleh polisi terkait kasus yang menimpa mereka. IPW mengingatkan Kapolri atas pernyataannya hukum tidak boleh tumpul ke atas tajam ke bawah," kata Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso, dalam keterangannya, Ahad (4/9/2022).

Baca Juga

Sugeng meminta agar Kapolri Listyo Sigit Prabowo konsisten dan tidak diskriminatif dengan kedudukan Putri sebagai pejabat utama Polri. Kata dia, ketidakkonsistenan timsus menunjukkan perilaku diskriminatif kepada warga lain. Sebab, syarat objektif untuk dilakukan penahanan sudah terpenuhi. Apalagi, kasus ini adalah kasus pembunuhan berencana dan yang bersangkutan sebagai tersangka.

"Ibu Putri saat ini menurut IPW tidak koperatif terbukti adanya keterangannya berbeda dengan saksi maupun tersangka lain, ibu PC tidak kooperatif. Salah satu alasan penahanan adalah tidak kooperatif," kata Sugeng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement