Kamis 14 Jul 2022 16:24 WIB

Keutamaan Membaca Surat Yasin Permudah Tercapainya Keinginan, Ini Penjelasannya

Membaca Surat Yasin memiliki keutamaannya bagi seorang Muslim.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Infografis Keutamaan Surat Yasin
Foto: Infografis Republika
Infografis Keutamaan Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Membaca Surat Yasin memiliki keutamaannya tersendiri bagi seorang Muslim. Membaca Surat tersebut maka akan diganjar pahala yang besar karena begitu besarnya keutamaan Surah Yasin sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Beberapa perawi hadits, yaitu ad-Darimi, at-Tarmidzi, dan al-Baihaqi memasukkan surah tersebut ke dalam Syu'abul Iman, yang artinya surah Yasin menjadi salah satu cabang iman.

Baca Juga

Para perawi tersebut meriwayatkan dari Anas bin Malik, yang di dalamnya Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan hati Alquran adalah (Surah) Yasin. Siapa yang membacanya (Surah Yasin), Allah memberikan pahala sama seperti membaca Alquran sepuluh kali."

Imam Ibnu Katsir, dalam kitab tafsirnya menyampaikan, siapapun yang membaca Surah Yasin di malam hari maka Allah SWT memberikan ampunan untuknya. Dalam hadits yang berbeda, yang diriwayatkan Ath-Thabrani dan Ibnu Mardawaih, yang juga dari jalur Anas bin Malik, disebutkan, "Siapa yang membaca Surat Yasin setiap malam kemudian meninggal, maka ia meninggal sebagai syahid."

 

Saat ini, banyak kalangan Muslim yang mengamalkan Surah Yasin dengan membacanya, karena menganggap bahwa Surah Yasin dapat memberi kemudahan dalam mencapai keinginan atau memenuhi kebutuhan hidup.

Terkait anggapan tersebut, Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menjelaskan, salah satu keutamaan membaca Surah Yasin adalah tidak dimaksudkan untuk sesuatu atau perkara yang sulit. Artinya, Surah Yasin dibaca bukan untuk memudahkan suatu urusan. Sebab, tidak ada yang dapat memberikan kemudahan kecuali Allah SWT.

"Anggapan tersebut tidak bisa disandarkan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, tetapi bersandar pada orang yang menyampaikannya, sehingga benar-salahnya ada pada orang itu," demikian penjelasan Ibnu Katsir, seperti dilansir Elbalad, Kamis (14/7).

Karena itu, pada hakekatnya, anggapan bahwa membaca Surah Yasin akan memudahkan tercapainya keinginan atau perkara yang sulit, tidak boleh dihubungkan dengan sunnah Nabi Muhammad SAW serta perkataan ulama dan pengikutnya yang mengingkari anggapan tersebut.

Ulama bernama Al-Sakhawi, yang merupakan murid Ibnu Hajar al-Asqolani, menyampaikan bahwa tidak ada hadits yang mendasari bahwa Surah Yasin memudahkan hal tersebut, yang dalam hal ini ialah memberi kemudahan dalam mencapai keinginan atau menyelesaikan perkara yang sulit.

Sumber: https://www.elbalad.news/5357003

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement