Pelabuhan Makassar Mulai Dipadati Pemudik

Red: Andri Saubani

 Sabtu 23 Apr 2022 22:58 WIB

Calon penumpang menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/4/2022). Para pemudik yang sebagian besar bertujuan ke Bima, Maumere, Maluku dan Sorong tersebut memilih untuk mudik lebih awal guna menghindari puncak arus mudik dan kenaikan tarif tiket kapal jelang lebaran. Foto: ANTARA/Abriawan Abhe Calon penumpang menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/4/2022). Para pemudik yang sebagian besar bertujuan ke Bima, Maumere, Maluku dan Sorong tersebut memilih untuk mudik lebih awal guna menghindari puncak arus mudik dan kenaikan tarif tiket kapal jelang lebaran.

Pemudik calon penumpang asal tujuan Jawa Timur dan Jawa Tengah telah banyak

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022 di Pelabuhan Makassar eks Sukarno Hatta, Sulawesi Selatan, mulai meningkat. Pelabuhan Makassar dipadati ribuan calon penumpang untuk mudik di kampung halamannya.

"Sejak awal April hingga pekan ketiga jelang lebaran, dari 14 kapal penumpang Pelni yang beroperasi rute Makassar, tercatat sudah 86 kali ke Pelabuhan Makassar," sebut Kepala Operasional dan Pelayanan PT Pelni, Tomi Santoso, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga

Kendati arus mudik lebaran sudah memasuki H-8, dan diperkirakan puncaknya di H-5 pada akhir bulan, namun telah banyak calon penumpang memilih mudik lebih awal. Selain itu, rata-rata pemudik calon penumpang asal tujuan Jawa Timur dan Jawa Tengah telah banyak memilih mudik lebih awal dengan memadati pelabuhan setempat.

Tercatat penumpang KM Dobonsolo pada Sabtu (23/4/2022) dini hari menurunkan penumpang di Pelabuhan Makassar sebanyak 809 orang penumpang. Sedangkan calon penumpang tujuan Pulau Jawa, yang akan diberangkatkan oleh KM Dobonsolo untuk mudik lebaran, tercatat sebanyak 1.686 orang.

Sebelum calon penumpang berangkat, petugas melaksanakan pemeriksaan dokumen vaksinasi booster maupun tes antigen Covid-19 bagi calon penumpangyang sudah di vaksin dosis dua, di depan pintu masuk Pelabuhan Makassar. Pemeriksaan dokumen kesehatan tersebut bertujuan agar memastikan calon penumpang layak berangkat dan telah terlindungi dari Covid-19, meskipun saat ini penyebarannya mulai melandai.

Salah seorang pemudik asal Jawa Timur, Nurhadi menuturkan, dirinya sudah menjalani vaksin booster dan siap menuju kampung halamannya. Ia berharap perjalanannya berlayar berjalan aman dan lancar sampai tujuan.

"Sudah siap berangkat, sudah divaksin lengkap, jadi aman. Saya sudah empat tahun di Makassar, akhirnya bisa pulang. Tahun lalu mau pulang, tapi masih puncak pandemi Covid-19. Alhamdulilah tahun ini bisa mudik. Semoga perjalanan kami selamat sampai tujuan," tuturnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini