Peringati Kartini Ala Guru SMAN 1 Terisi, Berkebaya Bagikan Takjil dan Sembako

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Partner

 Jumat 22 Apr 2022 14:38 WIB

. Foto: network /Lilis Sri Handayani .

Para ibu guru SMAN 1 Terisi diharapkan dapat terus menjadi sosok Kartini di era globalisasi.

Puluhan guru di SMAN 1 Terisi Kabupaten Indramayu memperingati Hari Kartini dengan bagi sembako dan takjil. (Istimewa) 
Puluhan guru di SMAN 1 Terisi Kabupaten Indramayu memperingati Hari Kartini dengan bagi sembako dan takjil. (Istimewa)

INDRAMAYU – Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Kartini. Salah satunya seperti yang dilakukan puluhan guru di SMAN 1 Terisi Kabupaten Indramayu, yang memilih menggelar aksi sosial.

Dalam aksinya, puluhan guru perempuan di sekolah tersebut membagikan takjil dan sembako kepada pengguna jalan yang melintas di depan sekolah tersebut, terutama ibu–ibu. Aksi itu dilakukan saat kebanyakan masyarakat melakukan ngabuburit menjelang buka puasa, Kamis (21/4/2022).

Uniknya, saat aksi sosial itu berlangsung, puluhan guru tersebut mengenakan baju kebaya ala Kartini. Meski demikian, hal itu tidak membatasi gerak mereka saat membagi-bagikan takjil dan sembako.

‘’Alhamdulillah, dalam peringatan Hari Kartini yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini, kami ingin sedikit berbagi dengan sesama,’’ ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Terisi, Cahyudin.

Para guru di SMAN 1 Terisi Kabupaten Indramayu memperingati Hari Kartini dengan bagi sembako dan takjil. (Istimewa)
Para guru di SMAN 1 Terisi Kabupaten Indramayu memperingati Hari Kartini dengan bagi sembako dan takjil. (Istimewa)

Cahyudin menyebutkan, dalam kesempatan berbagi itu, pihaknya menyiapkan 600 bungkus sembako. Selain itu, adapula 100 bungkus takjil serta 100 coklat.

Pemandangan yang tak biasa ini pun menarik perhatian para pengguna jalan. Pasalnya, hal itu memang tak pernah terjadi sebelumnya.

Para guru perempuan yang terlibat dalam aksi sosial itupun mengaku bangga dengan kebaya ala Kartini yang mereka kenakan. Mereka bertekad untuk bisa terus menjadi ‘Kartini masa kini’ yang memberikan pengabdian yang mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa.

‘’Diharapkan para ibu guru SMAN 1 Terisi dapat terus menjadi sosok Kartini di era globalisasi. Mereka berharap dapat meneruskan perjuangan Kartini untuk mengangkat derajat anak-anak Indonesia,’’ tutur Cahyudin.

Selain itu, Cahyudin pun mengharapkan agar kegiatan pembagian sembako dan takjil di Hari Kartini itu dapat terus memupuk jiwa sosial para tenaga pengajar SMAN 1 Terisi.

‘’Tentunya juga dapat memotivasi siswa didik kami untuk ikut serta peduli terhadap sesama,’’ tandas Cahyudin. (Lilis Sri Handayani)

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/113106/peringati-kartini-ala-guru-sman-1-terisi-berkebaya-bagikan-takjil-dan-sembako
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Tag :