Tafsir Surat Al Hijr Ayat 1: Alquran Kitab Sempurna dan Paling Lengkap

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 06 Apr 2022 08:50 WIB

Sejumlah santri mengikuti kegiatan tadarus di Pondok Pesantren Darussalam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (5/4/2022). Selama Ramadhan 1443 H pesantren tersebut menjalankan tradisi tadarusan dengan membacakam Al Quran sebanyak 3-6 juz per hari. Tafsir Surat Al Hijr Ayat 1: Alquran Kitab Sempurna dan Paling Lengkap Foto: Antara/Adeng Bustami Sejumlah santri mengikuti kegiatan tadarus di Pondok Pesantren Darussalam, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (5/4/2022). Selama Ramadhan 1443 H pesantren tersebut menjalankan tradisi tadarusan dengan membacakam Al Quran sebanyak 3-6 juz per hari. Tafsir Surat Al Hijr Ayat 1: Alquran Kitab Sempurna dan Paling Lengkap

Alquran membenarkan kitab-kitab yang terdahulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT di awal Surah Al-Hijr menegaskan Alquran adalah kitab yang sempurna. Tafsirnya menjelaskan Alquran adalah kitab yang paling lengkap isinya dan membenarkan serta menyempurnakan kitab-kitab lain yang pernah diturunkan kepada para Rasul.

الۤرٰ ۗتِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ وَقُرْاٰنٍ مُّبِيْنٍ

Baca Juga

Alif Lam Ra. (Surah) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Kitab (yang sempurna) yaitu (ayat-ayat) Alquran yang memberi penjelasan. (QS Al-Hijr: 1)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan ayat ini menjelaskan ayat-ayat dari surah yang akan dijelaskan ini termasuk salah satu surah yang ada di dalam kitab yang sempurna dan agung, yaitu Alquran yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW, yakni Nabi terakhir.

Alquran merupakan kitab yang paling lengkap di antara kitab-kitab yang diturunkan Allah kepada para Rasul-Nya. Alquran membenarkan kitab-kitab yang terdahulu.

Alquran menerangkan jalan menuju kepada kebahagiaan dan jalan sesat yang pernah ditempuh umat-umat terdahulu. Dengan demikian, manusia dapat membedakan antara kedua jalan itu, mana yang harus dilalui dan mana yang harus dihindari dan dijauhi.

Dalam Alquran juga terdapat ayat-ayat yang menerangkan tentang ketauhidan, kisah, budi pekerti yang baik, ilmu pengetahuan, janji Allah dan ancaman-Nya, serta hukum-hukum yang menjadi pedoman bagi manusia dalam hidup dan kehidupannya di dunia dan dalam rangka mencapai keselamatan dan kebahagiaan di akhirat nanti.

Sebagaimana firman Allah SAW ini. Alif Lam Ra. (Inilah) Kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi kemudian dijelaskan secara terperinci, (yang diturunkan) dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana, Maha Mengetahui. (QS Hud: 1)

Alif Lam Mim shad. (Inilah) Kitab yang diturunkan kepadamu (Muhammad); maka janganlah engkau sesak dada karenanya, agar engkau memberi peringatan dengan (Kitab) itu dan menjadi pelajaran bagi orang yang beriman. (QS Al-A'raf: 1-2)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini