Pidato Umar bin Khattab Saat Diangkat Sebagai Khalifah  

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

 Senin 01 Feb 2021 10:05 WIB

Umar ibn Khattab menyampaikan pidato saat diangkat sebagai khalifah Foto: wikipedia Umar ibn Khattab menyampaikan pidato saat diangkat sebagai khalifah

Umar bin Khattab menyampaikan pidato saat diangkat sebagai khalifah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umar bin Khattab menyampikan pidato yang menggetarkan saat dirinya ditunjuk oleh Abu Bakar sebagai khalifah selanjutnya. 

Berikut ini adalah pidato pertama yang disampaikan Umar saat diangkat sebagai khalifah sebagaimana dilansir dari laman Mawdoo:

Baca Juga

اللهمّ إنّي شديد فلينّي، وإنّي ضعيف فقوّني، وإنّي بخيل فسخّني "Saudara-saudara! Aku hanya salah seorang dari kalian. Kalau tidak karena segan menolak tawaran Khalifah Rasulullah (Abu Bakar) aku enggan memikul tanggung jawab ini. Ya Allah, aku ini sungguh keras, kasar, maka lunakkanlah hatiku. Ya Allah aku sangat lemah, maka berikanlah kekuatan. Ya Allah aku ini kikir, jadikanlah aku dermawan bermurah hati."

Di mimbar, dia mengingat soal kebajikan orang-orang dan menurunkan tingkat kerendahan hatinya, lalu memuji Allah SWT dan berkata kembali:

اقرءوا القرآن تعرفوا به، واعملوا به تكونوا من أهله، وزنوا أنفسكم قبل أن توزنوا، وتزينوا للعرض الأكبر يوم تعرضون على الله لا تخفى منكم خافية، إنّه لم يبلغ حقّ ذي حقّ أن يطاع في معصية الله، ألا وإنّي أنزلت نفسي من مال الله بمنزلة ولي اليتيم، إن استغنيت عففت، وإن افتقرت أكلت بالمعروف

 "Bacalah Alquran, dalami, dan bekerjalah dengannya. Jadilah salah satu umatnya. Timbang dirimu sebelum menimbang, hiasi dirimu untuk persembahan terbesar pada hari ketika kamu akan dipersembahkan kepada Allah SWT. Bukan aku menurunkan diriku dari kekayaan Allah SWT dalam status sebagai wali yatim piatu. Jika kalian puas, maka akan diampuni, jika kalian miskin, maka akan makan enak." Selanjutnya, Umar bin Khattab menyampaikan:

إنّ الله ابتلاكم بي، وابتلاني بكم بعد صاحبي، فوالله لا يحضرني شيء من أمركم فيليه أحد دوني، ولا يتغيّب عنّي فآلو فيه عن أهل الجزء -يعني الكفاية- والأمانة، والله لئن أحسنوا لأحسنن إليهم، ولئن أساؤوا لأنكلنّ بهم)، ويمكن الجمع بين كلّ ما جاء عن خطبته الأولى بالخلافة، وأنّ الرواة كان نقلهم لِما حفظوه منها

"Allah telah menguji kalian dengan diriku dan menguji diriku lewat kalian. Sepeninggal sahabat-sahabatku, sekarang aku ada di tengah-tengah kalian. Tidak ada persoalan kalian yang harus aku hadapi lalu diwakilkan kepada orang lain kecuali kepadaku. Dan tak ada yang tak hadir di sini lalu meninggalkan perbuatan terpuji dan amanat. Kalau berbuat baik, akan kubalas dengan kebaikan, tetapi kalau berbuat jahat, terimalah bencana yang akan kutimpakan."

Sumber: https://mawdoo3.com/%D8%AE%D8%B7%D8%A8_%D8%B9%D9%85%D8%B1_%D8%A8%D9%86_%D8%A7%D9%84%D8%AE%D8%B7%D8%A7%D8%A8#cite_note-FCJoszDHDJ-3

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id