Siapakah Satu-satunya Wanita yang Disebut dalam Alquran?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 22 Jan 2021 11:58 WIB

Siapakah Satu-satunya Wanita yang Disebut dalam Alquran? Foto: Republika/Agung Supriyanto Siapakah Satu-satunya Wanita yang Disebut dalam Alquran?

Allah bahkan mengabadikan namanya menjadi sebuah surat dalam Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maryam binti Imran merupakan wanita satu-satunya yang disebut Allah dalam Alquran. Allah bahkan mengabadikan namanya menjadi sebuah surat dalam Alquran, yaitu Surat Maryam.

Allah SWT memujinya dan menggambarkan Maryam sebagai seorang wanita yang suci. Allah jugalah yang memilihnya sebagai wanita terbaik di dunia.

Baca Juga

Allah berfirman: "Dan (ingatlah) ketika para malaikat berkata, "Wahai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu dan menyucikanmu dan melebihkanmu di atas segala wanita di seluruh alam," (QS Ali Imran ayat 42).

Maryam dibesarkan dalam keluarga yang saleh dan religius seperti ibunya. Ibunda Maryam bernazar kepada Allah mempersembahkan apa yang ada di rahimnya untuk menjadi penyembah Allah dan mengikuti semua perintah Allah.

Maryam kemudian dititipkan dalam pengasuhan Nabi Zakaria. Nabi Zakaria belum dikaruniai anak di usianya yang sudah menua.

Nabi Zakaria membangun sebuah kamar khusus untuk Maryam di rumahnya dan Maryam menghabiskan waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT. Maryam tumbuh menjadi gadis dengan perilaku baik dalam asuhan Nabi Zakaria dan istrinya.

photo
Infografis 6 Hal tentang Yesus (Nabi Isa) dalam Islam - (Republika.co.id)
 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id