Ahad 26 Apr 2020 07:45 WIB

Profil Singkat Rasulullah: Nasab Hingga Hal yang tak Disukai

Pembahasan sirah Rasulullah SAW selalu muncul.

Pembahasan sirah Rasulullah SAW selalu muncul hal menarik. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: republika
Pembahasan sirah Rasulullah SAW selalu muncul hal menarik. Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pembahasan terkait dengan sisi-sisi kehidupan Nabi Muhammad SAW tak pernah habis. Banyak hal menarik yang bisa diangkat dari kehidupan Rasulullah. Berikut ini ringkasan singkat tentang kehidupan Rasulullah SAW sebagaimana disarikan dari CD Potret Pribadi dan Kehidupan Rasulullah SAW karangan Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA. 

Kelahiran dan Silsilah

Baca Juga

Muhammad lahir pada Senin, 12 Rabiul Awal 571 Masehi atau tahun gajah. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib. Sementara itu, ibunya Aminah binti Wahab.

Silsilah Muhammad dari kedua orang tuanya kembali ke Kilab bin Murrah bin Ka'b bin Lu'ay bin Ghalib bin Fihr (Quraish) bin Malik bin an-Nadr (Qais) bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah (Amir) bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma`ad bin Adnan. Adnan merupakan keturunan laki-laki ketujuh dari Ismail bin Ibrahim, yaitu keturunan Sam bin Nuh.

Gelar

Muhammad banyak mendapat gelar antara lain al-Mubasyir (yang memberi kabar gembira), al-Nadir (pemberi peringatan), al-Amin (yang tepercaya), al-Mudzakir (yang mengingatkan), al-Syahid (yang menjadi saksi), al-Mubin (yang menerangkan), al-Dai Ilallah (yang mengajak ke jalan Allah). Selain itu, al-Siraj al-Munir (pelita yang terang), al-Muzammil (yang berselimut), dan al-Mudatsir (yang berselimut).

Ciri-ciri fisik

Beberapa riwayat menyebutkan, Muhammad berperawakan sedang, berkulit putih kemerahan, dan berjanggut tipis. Rasul digambarkan memiliki fisik yang sehat dan kuat. Riwayat lain menyebutkan Muhammad bermata hitam, tidak berkumis, berjanggut sedang, serta memiliki hidung bengkok yang sesuai dengan ciri antropologis bangsa Semit pada umumnya.

Akhlak dan kepribadian

Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Karena itu, akhlaknya harus mulia dan mencontohkan kemuliaan tersebut. Secara umum, Allah menyebutkan akhlak Rasul dalam Alquran. "Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS 68: 4). Konsep kebaikan dan kemuliaan yang diajarkan Rasulullah berlaku sepanjang zaman.

Pernikahan

Selama hidupnya Muhammad menikah dengan 11 atau 13 orang wanita (terdapat perbedaan pendapat mengenai hal ini). Pada umur 25 tahun ia menikah dengan Khadijah yang berlangsung selama 25 tahun hingga Khadijah wafat.

Para ahli sejarah, antara lain, Watt dan Esposito berpendapat sebagian besar perkawinan itu dimaksudkan untuk memperkuat ikatan politik (sesuai dengan budaya Arab) atau memberikan penghidupan bagi para janda (saat itu janda lebih susah untuk menikah karena budaya yang menekankan perkawinan dengan perawan).

Yang disukai

Hal yang disukai Rasulullah adalah beriman kepada Allah SWT, sholat tepat waktu, berjihad di jalan Allah, berbakti kepada orang tua, konsisten mengerjakan pekerjaan baik, tekun dan terampil bekerja, mengamalkan sunnah-sunnahnya, dan selalu membaca Alquran.

Selain itu, Rasul selalu berzikir dan berdoa, menjaga wudhu, berlaku adil, istiqamah, jujur,  tawakal, sabar, ikhlas, menjaga amanah, menghormati tamu serta tetangga, dan sebagainya.  

Yang tidak disukai

Beberapa hal yang tidak disukai Rasulullah antara lain menyekutukan Allah, berbuat zalim, dusta, ingkar janji, gibah, namimah, melakukan dosa besar, durhaka terhadap orang tua, meniru perilaku agama lain, munafik, mengambil hak orang lain, menunda-nunda pekerjaan, pemarah, malas, putus asa, buruk sangka, bercerai, dan kikir.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement