Selasa 21 Apr 2020 14:51 WIB

Doa Agar Tetap Sehat Saat Berkunjung ke Pasar

Membaca doa masuk ke pasar untuk menghindari penyakit yang bersumber dari pasar.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Doa Agar Tetap Sehat Saat Berkunjung ke Pasar. Foto: Ilustrasi penjual cabai di pasar tradisional.
Doa Agar Tetap Sehat Saat Berkunjung ke Pasar. Foto: Ilustrasi penjual cabai di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pasar merupakan tempat untuk bertransaksi dengan beragam macam rupa. Tentunya sebagai umat Muslim, kita perlu untuk hanya bertransaksi membeli barang-barang yang halal lagi bermanfaat untuk hidup kita. Hindari makanan atau barang yang terkesan jorok ketika dijual pedagang di pasar, hal ini ditujukan untuk kesehatan pribadi.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, terdapat suatu doa yang bersumber dari hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Al-Hakim.

Baca Juga

Hadist tersebut berbunyi:

لا إِلَه إِلَّا اللَّه وَحْده لا شَرِيك لَهُ، لَهُ الْمُلْك وَلَهُ الْحَمْد، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيّ لا يَمُوت، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلّ شَيْء قَدِير

 

"La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun laa yamutu biyadihil-khairu wa huwa ala kulli syai-in qadiir,".

Yang artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, Yang Mahaesa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya pujian. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan, Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Bacalah doa ini ketika memasuki pasar. Semoga dengan membacanya, Allah memberikan kita petunjuk dan senantiasa menjaga kita dari segala macam penyakit yang dimungkinkan bersumber dari pasar. Baik itu penyakit hati, batin, atau pun fisik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement