Kamis 12 Mar 2020 06:54 WIB

Riset: Anjuran Islam Berkata Baik Berguna untuk Kesehatan

Islam menganjurkan umatnya untuk berkata yang baik.

Islam menganjurkan umatnya untuk berkata yang baik. Berdoa (Ilustrasi)(Republika)
Foto: Republika
Islam menganjurkan umatnya untuk berkata yang baik. Berdoa (Ilustrasi)(Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, Air dapat membawa pesan. Air yang dibacakan kata-kata positif akan merespons dan membentuk kristal-kristal positif yang merekah bagaikan bunga di pagi hari. Apalagi jika yang diucapkan di hadapan air adalah doa-doa.

Sebaliknya, jika yang diucapkan adalah kata-kata negatif, maka air akan membentuk kristal-kristal pecah yang berdampak negatif.

Baca Juga

Penegasan ini disampaikan dalam  buku The True Power of Water, Dr Masaro Emoto.  Hasil penelitian ini menegaskan betapa pentingnya kata-kata positif bagi manusia yang 70 persen tubuhnya terdiri atas air.

Dampak dari ucapan negatif ini sering kali tidak disadari karena minimnya pengetahuan tentang bahaya ucapan negatif itu. Kata ''bodoh'', ''pemalas'', ''cengeng'', dan lain-lain sering terucap dari bibir orang tua kepada anaknya. 

Meski demikian, Allah SWT mengingatkan agar seorang anak tidak mengucapkan kata-kata kasar kepada orang tuanya. ''Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ''ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.'' (QS Al-Isra' [17]: 23). 

Larangan mengucapkan kata negatif tentu tidak hanya berlaku pada anak terhadap orang tuanya. Larangan ini berlaku bagi siapa saja dan terhadap siapa saja.

Selain berdampak menyakitkan hati yang berarti merusak hubungan kekeluargaan kata-kata negatif juga mempengaruhi orang yang menjadi sasaran kata-kata itu secara psikologis. 

Dalam tubuh manusia yang 70 persen terdiri atas air akan terbentuk kristal-kristal pecah ketika ia sering menerima ucapan yang negatif. Bayangkan jika itu terjadi pada anak-anak kita. 

Hasil penelitian Emoto juga menegaskan bahwa pada hakikatnya kata-kata memiliki kekuatan ''mencipta''. Kata-kata negatif akan menciptakan sesuatu yang negatif dan kata-kata positif akan menciptakan sesuatu yang positif. Mungkin inilah rahasia sabda Rasulullah yang menegaskan, ''Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia mengucapkan kata-kata baik atau diam.'' Hadis ini diriwayatkan oleh banyak imam hadis.

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement