Ahad 17 Apr 2022 22:23 WIB

Kajian Hadis: Syarah Shahih Muslim Menguatkan Penjelasan Hadis

Syarah Shahih Muslim Menguatkan Penjelasan Hadis

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Hadist
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jilid ketiga, menyajikan tentang bab shalat serta bab masjid dan tempat-tempat shalat. Salah satu hal menarik di bab shalat adalah larangan menyerang suatu kaum di negeri kafir jika di dalamnya terdengar azan (Shahih Muslim hadis nomor 845).

Saat mensyarah hadis tersebut, Imam Nawawi menegaskan, "... Hadis tersebut menunjukkan bahwa kumandang azan dapat menghalangi penduduk negeri dari suatu serangan, karena sesungguhnya hal tersebut merupakan bukti akan keislaman mereka." (hlm 41).

Dalam bab masjid dan tempat-tempat shalat, dijelaskan tentang keutamaan dan anjuran membangun masjid. Imam Muslim mengutip hadis Rasulullah SAW, "Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena Allah, niscaya Allah akan membangunkan untuknya hal yang serupa di surga." (Shahih Muslim hadis nomor 1190).

Mengomentari kalimat 'yang serupa' dalam hadis tersebut, Imam Nawawi menjelaskan maknanya sebagai berikut:

Pertama, Maknanya adalah Allah SWT akan membangunkan untuknya sebuah rumah. Adapun gambaran tentang luasnya rumah atau yang lainnya di surga nanti, maka telah diketahui bahwa sesungguhnya hal itu termasuk di antara kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas di dalam hati seorang pun dari manusia.

Kedua, maknanya adalah bahwasanya kelebihan rumah yang dibangunkan oleh Allah tersebut melebihi rumah-rumah yang ada di surga, sebagaimana utamanya masjid dibandingkan segala rumah yang ada di dunia. (Jilid III hlm 491).

Jilid keempat menyajikan bab masjid dan tempat-tempat shalat, bab shalat musafir, shalat Jumat, shalat dua hari raya, shalat istisqa, shalat kusuf, dan janaiz (jenazah).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement