Jumat 31 Mar 2023 11:33 WIB

Doa yang Biasa Dibaca Setelah Sholat Dhuha 

Dianjurkan membaca doa setelah sholat dhuha.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Doa setelah sholat dhuha
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa setelah sholat dhuha

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan adalah momen bagi umat Islam untuk semaksimal mungkin meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Saat bulan Ramadhan yang penuh berkah, umat Islam bisa lebih termotivasi melaksanakan sholat Dhuha dibanding di bulan-bulan lainnya.

Setelah melaksanakan Sahur, melaksanakan sholat Subuh. Kemudian beraktivitas atau beristirahat sambil menunggu waktu sholat Dhuha tiba.

Baca Juga

Berikut adalah salah satu doa yang bisa dibaca usai sholat Dhuha.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ. بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila susah didapat maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah. Ya Allah dengan hak dhuha-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Doa ini bukan berasal dari Alquran atau Sunnah. Namun doa dengan redaksi penuh seperti ini disebutkan dalam beberapa kitab madzhab Syafi’i. Yaitu dalam kitab Hasyiyah al-Jumal, kitab I’anah ath-Thalibin, dan kitab Tuhfah al-Muhtaj. Dilansir dari laman Tafsirweb.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement