Senin 02 May 2022 08:00 WIB

Alquran, Anegurah Terbesar Umat Islam dan Penghargaan untuk Para Pecintanya

Alquran merupakan petunjuk umat manusia di dunia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Alquran. Alquran merupakan petunjuk umat manusia di dunia
Foto: pxhere
Ilustrasi Alquran. Alquran merupakan petunjuk umat manusia di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, - Alquran menjadi anugerah dari Allah SWT bagi umat nabi Muhammad SAW. Alquran diturunkan Allah pada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Tujuannya memberikan pencerahan dan petunjuk serta panduan hidup bagi manusia. 

Pakar tafsir Alquran yang juga dewan pakar di Pusat Studi Alquran (PSQ) mengatakan Allah SWT memilih umat Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan curahan kasih sayang-Nya berupa Alquran Al Karim. Dan Allah juga memilih nabi yang teragung, yakni pemimpin para nabi dan rasul untuk membawa Alquran.  

Baca Juga

"Allah itu dzat Yang Maha-Agung, maka Alquran sebagai kalamullah (firman Allah) juga merupakan Kalam-Nya yang agung. Karena antara dzat dan sifatNya tidak akan terpisah. Dzat Allah Agung, Alquran merupakan sifat Allah (yaitu) sifat Al-Kalam, maka kalam-Nya juga kalam Yang Maha-Agung," kata Kiai Ahsin saat mengisi kajian rRmadhan di Masjid At Taqwa Camar Bintaro yang juga disiarkan daring beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut pengasuh Pondok Pesantren Dar Al Quran Cirebon itu menjelaskan bahwa Alquran juga ditempatkan Allah SWT di tempat yang paling agung. Sebuah tempat yang suci, rahasia, dan tidak bisa dijamah siapapun kecuali yang diizinkan Allah SWT, yaitu Lauhul Mahfudz. Keterangan bahwa Alquran ditempatkan di Lauhul Mahfudz dapat ditemukan pada Alquran surat Al Waqiah ayat 78-79. 

 

فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

“Pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh),. tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”    

Allah SWT juga menurunkan Alquran pada waktu yang paling baik, yaitu pada Lailatul Qadr. Malam yang begitu mulia yang juga terdapat pada bulan yang agung yaitu Ramadhan. Sebab itu kiai Ahsin mengatakan orang yang beribadah pada malam tersebut seperti membaca Alquran atau pun mengerjakan sholat malam maka nilai pahalanya dilipatgandakan. 

Baca juga:http://republika.co.id/berita//q98jz4320/amalan-sunnah-yang-akan-didoakan-puluhan-ribu-malaikat

 

Alquran juga diturunkan kepada nabi yang agung, pemimpin para nabi yang memiliki berbagai keistimewaan yaitu Nabi Muhammad SAW. Satu-satunya nabi yang bisa memberikan syafaat pada hari kiamat.

Dan di antara keistimewaan nabi Muhamamad SAW adalah nabi yang paling sukses dalam dakwahnya dibandingkan nabi-nabi terdahulu. Kesuksesan dakwah nabi Muhammad sebab nabi sanggup melaksanakan seluruh isi Alquran.  

 

sumber : Harian Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement